Electronic Arts Diseret ke Pengadilan karena Membajak Lagu

Electronic Arts diajukan ke meja pengadilan oleh seorang komposer bernama Gerald Willis, yang menuduh publisher game raksasa tersebut telah menggunakan lagu ‘Win With the Rebels‘ tanpa persetujuan dirinya, selaku pemegang hak eksklusif atas lagu tersebut. Meski diketahui pula, lagu ini juga dipergunakan sebagai lagu penyemangat untuk Universitas Nevada di Las Vegas.
Kenyataannya sekarang, lagu itu terdapat di kesepuluh game yang dibuat dan dirilis atas nama Electronic Arts, baik ituNCAA Basketball 2009NCAA Football 2006-2009NCAA March Madness 2006-2008, dan NCAA Baseball 2006-2007. Maka dari itu, Gerald Willis, dalam keterangannya kepada harian Las Vegas Review Journal, mengungkapkan dirinya akan menuntut ganti rugi sebesar US$150.000 untuk setiap pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh EA. Menanggapi tuntutan tersebut, sampai saat berita ini diturunkan, EA masih bungkam seribu bahasa.

Ironis memang, di saat Electronic Arts tengah gencar-gencarnya dengan kampanye anti pembajakan untuk game-game miliknya, ternyata tak disangka-sangka mereka diduga telah melakukan pelanggaran hak cipta, bahkan itu tidak terjadi hanya sekali namun di sepuluh game miliknya.

http://www.kotakgame.com/berita/detail.php?id=514

 

tanggapan:

Menurut saya permasalahan dalam artikel di atas bisa saja tidak terjadi, jika ada kerjasama dari dua belah pihak. Bila pihak pencipta yang telah mendaftarkan ciptaannya secara sah mampu melakukan gugatan terhadap siapa saja yang menggunakan ciptaannya tanpa perrizinan terlebih dahulu. Bila komposer  tersebut telah mendaftarkan ciptaannya secara sah, maka , dia berhak menuntut ganti rugi terhadap Electronic Arts. Namun, tentu saja kasus tersebut harus dikaji lagi agar  masalah ini selesai dengan baik. Semoga saja permasalah ini cepat selesai., dan kedua belah pihak dapat berdamai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: