CHILDERN OF HEAVEN

Judul                       :Childern of  Heaven
Tahun release      :1997
Durasi                     :120 menit
Tempat Nonton  :Rumah
Children of  Heaven sebuah karya Majid Majidi yang memenangkan berbagai penghargaan internasional antara lain Montreal World Film Festival, Silver Screen Awards di Internasional Film Festival dan Nominasi Piala Awards 1999 untuk Best Language Film.

Kisah ini  bercerita tentang Seorang anak kecil bernama Ali Mandengar (diperankan oleh Amir Farrokh Hashemian)  yang hidup sangat sederhana di tengah-tengah keluarga bersama dengan kedua orang tuanya dan kedua adiknya.

Pada suatu ketika, di sebuah tempat sol sepatu Ali bermaksud mengambilkan sepatu adik pertamanya Zahra karena selesai diperbaiki. Kemudian, ketika hendak membeli kentang di sebuah warung, sepatu adiknya tersebut hilang terambil oleh seorang pemulung. Ia kebingungan.

Saat menceritakan kejadian itu kepada adiknya, adiknya menangis dan meminta Ali mencari sepatunya karena ayahnya tak mungkin mampu membelinya lagi. Ali berusaha mencarinya namun tak berhasil.

Sebagai pertanggung jawabannya Ali bersedia meminjamkan sepatunya kepada adiknya (Zahra) dengan cara bergantian memakainya saat sekolah yaitu dipakai Zahra pada pagi hari dan Ali memakainya di siang hari. Ini mengakibatkan Ali sering terlambat masuk sekolah dan mendapat masalah.

Zahra masih berusaha mencari…akhirnya ia menemukannya dalam kedaan terpakai oleh anak lain yang satu sekolah dengannya dan setelah ditelusuri anak tersebut ternyata anak seorang tuna netra. Akhirnya mereka mengurungkan niatnya untuk mengambil kembali sepatu tersebut dan mereka berdua terus bergantian sepatu setiap harinya.

Ayah Ali, ingin mendapatkan lebih banyak uang, dengan meminjam beberapa alat berkebun, Ali bersama ayahnya pergi ke daerah pinggiran kaya ditehera. Mereka mencoba banyak tempat tanpa hasil, meskipun Ali terbukti sangat membantu ayah dalam hal penawarkan jasa. Akhirnya mereka mendatangi sebuah  rumah milik anak laki-laki bernama Alireza yang tinggal berdua bersama kakeknya. Sedangkan Ali bermain dengan Alireza, ayahnya bekerja dikebun kakek Alireza. Setelah selesai bekerja, kakek Ali sangat terkejut dengan pendapatan mereka. Mereka sangat bahagia. Ali berkata dengan sangat senang” ayah jangan lupa belikan Zahra sepatu baru karna sepatunya sudah rusak..”. Namun tiba-tiba  rem sepeda mereka blong dan sang ayah sedikit terluka dalam kecelakaan tersebut.

Hingga Suatu hari diadakan kejuaraan lari jarak jauh antar sekolah dengan hadiah ketiga berupa sepatu olah raga. Ali sangat bersemangat mengikuti lomba ini, karena ia sangat membutuhkan sepatu itu, yang rencananya akan ditukar dengan sepatu wanita, untuk diberikan kepada Zahra, adiknya tercinta.

Ali mengikuti kejuaraan tersebut meskipun pendaftarannya agak terlambat , namun diterima. Ia terus berusaha lari sekuat tenaga…lari dan terus lari…dan pada akhirnya ia justru memenangkan juara pertama…

Ali akhirnya pulang dengan sedih karena tidak dapat menepati janji pada adiknya. dia hanya membenamkan kakinya yang melepuh kedalam kolam ikan.

Makna keindahan dari film ini adalah kasih sayang seorang kakak terhadap adiknya, dimana dia rela berbagi sepatu dengan adiknya, bertanggung jawab dengan mengikuti lomba lari jarak jauh hingga kakinya melepuh, dan seorang anak yang tidak ingin menyusahkan ayahnya yang sedang mengalami masalah keuangan untuk meminta membeli sepatu yang baru untuk adiknya. Cerita ini sangat menyentuh hati,,,,

sumber:

http://liaymutia.blogspot.com/2009/09/sinopsis-film-children-of-heaven.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Children_of_Heaven

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: